SELAMAT DATANG DI TOKO ONLINE KAMI :),Home industri yang menjual berbagai macam alat kebersihan "TERLENGKAP" dan "TERMURAH" untuk pemesanan Phone : 0812-8747-3179 Wa : 0878-7484-3242 PIN BB : D0E24C11 INDONESIA SIAGA BENCANA !

Sabtu, 23 Maret 2013

ARTI KEBERSIHAN LINGKUNGAN


Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.
Di agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencangkup kebersihan makan, kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman.
Kebersihan akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetep sehat terawat secara kontinyu.
Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya.
Dalam hubungan ini umat beragama dan masyarakat sekitar mutlak diperlukan dalam menciptakan lingkungan masyarakat bersih dan sehat. Kondisi bersih sangat mendukung kenyamanan dan menerik, sebaliknya tempat yang kotor menjadikan kondisi suram dan menjengkelkan.
Renungkanlah sebuah hadits Rasulullah SAW yang maksudnya '' islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu, tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.'' (HR.Dailami)
Kebersihan erat kaitannya dengan lingkungan, lingkungan sekitar kita seperti lingkungan bekerja , lingkungan sekolah, dan yang paling penting lingkungan rumah  kita sendiri , lingkungan sekitar kita harus kita rawat karena jika tidak kita rawat tempat yang biasa kita tempati tidak akan nyaman bagi kita karena dari segi pemandangan saja sudah tidak enak dilihat dengan banyaknya sampah yang ada di mana-mana.
                Jika sampah saja sudah ada dimana-mana bagai mana kita akan hidup sehat , dari beberapa penelitian lingkungan yang kotor dapat membuat beberapa orang stres karena hancurnya lingkungan tempat dia beraktivitas, dan ketika sampah dan kotor itu saudah datang maka disitu pula datang penyakit sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sampah adalah biangnya penyakitkarena memang dengan sisa-sisa dari kegiatan domestik manusia ini yang mengandung beberapa zat kimia ang bisa berubah menjadi bakteri .
                Biasanya bakteri ini di tularkan kemanusia melalui serangga yang hinggap di sampah tersebut seperti lalat , ketika lalat itu hinggap di kotoran tersebut maka bakteri ang ada disana menepel pada kaki-kakinya dan ketika dia pindah hinggap ketubuh manusia maka bakteripun pindah kesana dan akhirnya ketika bakteri itu berkembang ditubuh manusia dan berubahlah menjadi sebuah penyakit yang dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.
Untuknya rasullulah pernah bersabada : “kebersihan itu sebagian dari iman “(HR.muslim) ini membuktiakan seseorang ang beriman itu orang ang bersih , artinya allah itu suka kepada orang-orang yang bersih dan bentuk dari keimanan itu adalah dengan cara membersihakan diri kita dari batin dan jadiah , jasadiah inilah baentuk dari membersihkan lingkungan , dan tempat kita setiap hari beraktivitas .

1 komentar:

Blogaul mengatakan...

Postingan yang sangat menarik dan bermanfaat sob.. Thank you
Keep blogging!